Paraguay akan Pindahkan Kedubes dari Yerusalem

Presiden Paraguay Mario Abdo Benitez di Sidang Majelis Umum PBB di New York, AS, 25 September 2018. (Foto: AFP/BRYAN R. SMITH)

Asuncion: Paraguay akan memindahkan kedutaan besar mereka di Israel dari Yerusalem ke Tel Aviv. Sebelumnya, Paraguay telah memindahkan kedubes mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem pada Mei lalu.

Menteri Luar Negeri Paraguay Luis Alberto Castiglioni mengatakan keputusan memindahkan kembali kedubesnya itu dibuat demi mematuhi hukum internasional.

“Ini merupakan keputusan negara dan pemerintah. Menurut konstitusi, pemerintah bertanggung jawab atas hubungan internasional,” ucap Castiglioni, seperti dikutip dari kantor berita Middle East Monitor, Rabu 3 Oktober 2018.

Sebelumnya pada awal Oktober, Paraguay telah mengumumkan hendak memindahkan kembali kedubesnya di Israel.

Baca: Paraguay, Negara Ketiga yang Buka Kedubes di Yerusalem

Presiden Mario Abdo Benitez, yang mulai menjabat pada pertengahan Agustus, menyebut keputusan pemindahan ini merupakan “kontribusi Paraguay terhadap upaya diplomatik kawasan dan internasional, yang bertujuan mencapai perdamaian abadi di Timur Tengah.”

Merespons keputusan tersebut, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menutup kedubes Israel di Paraguay dan menarik duta besarnya.

(WIL)