Mesir Ucapkan Belasungkawa untuk Korban Gempa Sulteng

Palu dan Donggala luluh lantak. (Foto: AFP)

Kairo: Kementerian Luar Negeri Mesir menyampaikan dukacita mendalam terkait bencana tsunami dan gempa yang menghantam Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Ucapan belasungkawa ini disampaikan oleh Asisten Menteri Luar Negeri Mesir bidang Asia Pasifik Khaled Tarwad ketika bertemu dengan Duta Besar RI untuk Mesir Helmy Fauzy.

Tak hanya Mesir, sejumlah duta besar dan kepala perwakilan negara sahabat juga turut menyampaikan dukacita.

“Atas nama bangsa Indonesia, saya ingin berterima kasih kepada negara-negara sahabat, dan terutama rakyat Mesir, atas segala doa dan simpati yang diberikan kepada kami,” kata Dubes Helmy dalam acara resepsi diplomatik KBRI Kairo, Rabu 3 Oktober 2018. 

Baca: Hubungi Jokowi, PM Jepang Sampaikan Duka Cita

Ia menegaskan, pemerintah dan rakyat Indonesia bersatu padu dalam penanganan bencana tsunami di Sulteng.

Sejak hari pertama gempa pada Jumat 28 September 2018, penawaran bantuan telah disampaikan beberapa negara sahabat.

Mereka menyampaikan kesiapan memberi bantuan, baik dalam pencarian dan penyelamatan, rehabilitasi, maupun mengatasi kekurangan yang ada.

Baca: Kemenlu: Indonesia Terima Bantuan Internasional untuk Gempa Sulteng

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban jiwa akibat gempa dan tsunami di Palu dan Donggala kini mencapai 1.234 jiwa. 

Sementara itu, jumlah korban luka berat 799 orang dirawat di rumah sakit, korban hilang 99 orang, dan jumlah pengungsi sebanyak 61.867. Pengungsi tersebut tersebar di 109 titik.

(HUS)