Israel Perintahkan Penghancuran Desa Palestina di Tepi Barat

Warga Palestina dan aktivis tidur di Khan al-Ahmar dalam memprotes rencana penghancuran permukiman tersebut, 16 September 2018. (Foto: AFP/AHMAD GHARABLI)

Khan al-Ahmar: Israel mengeluarkan perintah evakuasi kepada warga Palestina di desa Bedouin, Khan al-Ahmar, Tepi Barat, Minggu 23 September 2018.

Kantor berita The Jerusalem Post melaporkan, polisi datang ke desa tersebut dan meminta semua warga untuk segera angkat kaki.

“Berdasarkan putusan Mahkamah Agung, penduduk Khan al-Ahmar harus sudah menghancurkan semua struktur di situs tersebut pada 1 Oktober 2018,” kata Kantor Koordinator Kegiatan Pemerintah Israel, seperti disitat dari UPI.

Administrasi Sipil di Tepi Barat mengatakan perintah ini hanya menyebutkan tanggal penghancuran struktur, yakni pada 1 Oktober. Sementara tanggal untuk evakuasi belum ditetapkan.

Sebagian penduduk Khan al-Ahmar mengaku berencana untuk tetap tinggal meski sudah ada perintah dari pengadilan. Sebagian lainnya berencana mengikuti perintah evakuasi, namun akan kembali di masa mendatang.

Surat perintah evakuasi keluar setelah Israel menghancurkan lima trailer yang dijadikan tempat tinggal di dekat Khan al-Amar pada 13 September. Kantor Koordinator Kegiatan Pemerintah menyebut perintah evakuasi sudah “sesuai dengan peraturan dan hukum.”

Mahkamah Agung Israel telah menolak banding atas penggusuran di desa tersebut pada awal September. Alhasil, pemerintah Israel pun diizinkan menghancurkan desa tersebut dan mengevakuasi sekitar 180 warga.

(WIL)