Korban Tewas Kapal Tenggelam Tanzania Jadi 167 Orang

Kapal feri tenggelam di Tanzania. (Foto: AFP).

Ukerewe: Korban tewas kapal feri terbalik di Tanzania mencapai 167 jiwa. Sementara itu, satu orang dilaporkan berhasil diselamatkan.

Para pejabat Tanzania melanjutkan pencarian di dalam kapal yang terbalik pada hari yang ketiga. Tim pencari terus menemukan jasad-jasad penumpang kapal MV Nyerere.

Diduga kapal tersebut penuh sesak dan akhirnya tenggelam karena tak kuat menahan beban.

“Satu orang berhasil kita selamatkan dalam keadaan hidup. Dia merupakan mekanis kapal dan ditemukan dekat mesin,” ucap Kepala Sekretaris Tanzania John Kijazi, dilansir dari laman Voice of America, Sabtu 22 September 2018.

Kijazi mengatakan feri sebenarnya memiliki kapasitas penumpang 101 orang. Namun, jumlah korban tewas sudah melebihi batas kapasitas tersebut.

“Kami telah memerintahkan penyelidikan atas kecelakaan itu dan akan memberikan tuntutan terhadap mereka yang dianggap bertanggung jawab,” tuturnya.

Media setempat menduga penumpang kapal mencapai 200 orang.

Kapal feri bernama MV Nyerere terbalik saat bergerak mendekati dermaga di Pulau Ukara. Kecelakaan terjadi saat banyak penumpang beramai-ramai bergerak ke salah satu sisi kapal.

Hingga saat ini belum ada angka pasti mengenai berapa banyak korban hilang. Agensi Listrik, Mekanik dan Jasa Tanzania — pihak yang bertanggung jawab atas pelayaran feri di negara tersebut — mengaku belum mengetahui ada berapa banyak penumpang MV Nyerere.

(AGA)